Pendakian Massal 2019 merupakan acara yang dilaksanakan oleh Badan Semi Otonom (BSO) di Departemen Teknik Kimia UGM yaitu Mahasiswa Pencinta Alam Teknik Kimia (MAPATEKA). Pendakian Massal adalah suatu rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa Teknik Kimia UGM. Secara garis besar, kegiatan ini merupakan kegiatan hiking atau pendakian gunung seperti pada umumnya. Tema dari kegiatan ini adalah “Sekecil Apapun Langkahmu, Alam Akan Menghargai Upayamu.” Tema ini diambil untuk memberikan motivasi kepada peserta bahwa setiap langkah yang kita ambil saat kita menuju puncak, sekecil apapun itu, alam akan menghargainya.

Pendakian Massal kali ini manjadikan Gunung Merbabu sebagai destinasi dalam kegiatan ini. Gunung ini terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai 3 jalur pendakian yaitu via selo, gancik, dan wekas. Namun, untuk Pendakian Massal kali ini kami memilih untuk mendaki via gancik selo dimana gabungan antara via gancik dan via selo. Pendakian Massal 2019 ini dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Maret 2019 dan berakhir pada hari Minggu, 24 Maret 2019. Peserta dari kegiatan ini berjumlah sekitar 35 orang yang merupakan Mahasiswa Aktif Teknik Kimia UGM dan beberapa Alumni Teknik Kimia UGM.

Peserta berangkat dari Departemen Teknik Kimia UGM menuju basecamp pada hari Jumat, 22 Maret 2019 pukul 19.30 WIB dan sampai di basecamp pukul 23.00 WIB. Setelah beristirahat, peserta mulai berangkat dari basecamp menuju pos 1 pukul 7.30 WIB hari sabtu dan sampai di pos 1 pada pukul 10.45 WIB. Lalu peserta melanjutkan perjalanan menuju pos 2 dan sampai pukul 11.45 WIB. Kemudian peserta sampai di pos 3 pukul 14.15 WIB dan mendirikan tenda disana. Seharusnya peserta dapat mendaki sampai ke puncak, tetapi pada saat itu cuaca sangat tidak memungkinkan untuk naik ke puncak, sehingga peserta hanya mendaki sampai ke pos 3. Peserta juga tidak bisa melalukan aktivitas seperti  yang sudah di rencanakan sebelumnya, namun kegiatan ini tetaplah sangat menyenangkan. Peserta sampai kembali di Departemen Teknik Kimia pada hari Minggu, 23 Maret 2019 pukul 17.00 WIB.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.