Workshop Data Visualization merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari departemen riset dan teknologi yang mana tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan setiap anggota KSTM dalam melakukan visualisasi data yang lebih menarik dan lebih mudah dipahami nantinya oleh setiap orang yang menjadi subject sasarannya. Kegiatan ini akan bermanfaat bagi setiap anggota KSTM untuk memvisualisasikan data disaat mereka menjalani riset ataupun penelitian disaat mereka masih menjalani perkuliahan di Teknik Kimia FT UGM. Selain itu pada dunia kerja harapannya dapat mempermudah setiap anggota KSTM nantinya untuk memiliki kemampuan dasar dalam visualisasi data yang mana cukup banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Workshop Data Visualization adalah sebuah rangkain dari kegiatan riset, namun dikarenakan pandemic covid-19 dan juga tidak memungkinkan kegiatan riset diadakan secara luring di kampus, maka dilakukanlah kegiatan pengganti riset yang mana tepatnya adalah kegiatan pasca riset yaitu data visualization.

         Kegiatan ini diadakan pada Hari Sabtu, 17 Juli 2021 pada pukul 12.30 WIB melalui virtual meeting. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota KSTM angkatan 2019 dan 2020 yang bersifat wajib dan juga diikuti oleh beberapa anggota KSTM non-aktif dari angkatan 2018. Pada kegiatan ini kita mengundang pembicara yang berkompeten di bidangnya yaitu Mas Riky Kurniawan yang mana beliau merupakan country data lake and analytic manager di Unilever.

         Untuk mempersiapkan kegiatan ini terlebih dahulu melakukan briefing kepada Mas Riky pada hari kamisnya sebelum dilakukan kegiatan yang bertujuan untuk crosscheck semua hal yang dibutuhkan untuk kegiatan workshop ini. Pada hari Sabtu yang mana hari dilaksanakannya kegiatan workshop ini room virtual meeting mulai dibuka sejak pukul 12.30 WIB. Tepat pukul 13.00 WIB kegiatan resmi dimulai dengan diawali oleh pembukaan dari MC pada kegiatan ini yang diisi oleh Yusril Adi Nugroho dan Angela Regina yang mana keduanya merupakan anggota aktif KSTM 2020. Setelah itu dibuka oleh kata sambutan dari Kapten BSO KSTM yakninya Zakarias Sukma Atmaja dan setelah itu barulah penyampaian materi dari Mas Riky Kurniawan. Pada saat pemaparan materi yang dilakukan oleh Mas Riky sangat menambah wawasan dari seluruh anggota KSTM yang hadir karena ini merupakan sebuah materi dan ilmu baru karena sebelumnya belum pernah didapatkan oleh anggota KSTM. Kegiatan ini berjalan interaktif karena sebelum kegiatan dimulai setiap peserta diwajibkan telah mengunduh aplikasi Microsoft Power BI selain itu Mas Riky juga mampu membuat peserta aktif dalam kegiatan ini. Hal ini karena setiap materi yang dijelaskan oleh Mas Riky langsung dipraktekan menggunakan data real dan setiap peserta juga mencoba melakukannya dengan data yang dimiliki oleh setiap anggota KSTM.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.