Bidang Hubungan Masyarakat, Opini Publik, dan Media Informasi, atau yang biasa disebut HOPIN, adalah salah satu bidang di KMTK yang mewadahi aspirasi mahasiswa sekaligus menjadi penghubung seluruh elemen di Departemen Teknik Kimia FT UGM yang meliputi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Bidang HOPIN juga bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik KMTK dengan departemen, alumni, dan organisasi kemahasiswaan lainnya, serta bertanggung jawab terhadap pengelolaan media sosial KMTK. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan bidang HOPIN juga bertujuan melatih skill komunikasi dan kreativitas para staffnya agar dapat memperluas relasi dan siap dalam dunia setelah lulus kuliah.

Salah satu program kerja dari Bidang Hubungan Masyarakat adalah BKKMTKI. BKKMTKI merupakan singkatan dari Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia. BKKMTKI adalah suatu wadah bagi mahasiswa teknik kimia seluruh Indonesia untuk berkarya. Suatu organisasi yang besar, mengingat skala cakupannya berada pada tingkat nasional. Tujuan BKKMTKI antara lain berperan aktif mewujudkan mahasiswa Teknik Kimia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dipersiapkan sebagai tenaga profesional penggerak pembangun menuju masyarakat adil dan makmur serta untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi. Dengan adanya tujuan tersebut maka BKKMTKI dituntut mampu memberikan kontribusi positif dalam rangka pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya di bidang keilmuan Teknik Kimia dalam kaitannya memecahkan permasalahan bangsa ini. Sampai saat ini, jumlah anggota BKKMTKI terdiri dari 76 himpunan/ikatan yang tersebar di daerah Jawa, Sumatera, Makasar, dan Kalimantan. Anggota BKKMTKI dibagi menjadi 5 daerah dimana KMTK FT UGM termasuk dalam Daerah III bersama 17 institusi lain yang berasal dari DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Pada 4 – 6 Oktober 2019 telah dilaksanakan salah satu program kerja BKKMTKI yaitu Rapat Koordinasi Daerah atau yang lebih sering disebut Rakorda. Rakorda Daerah III ke-XVII dilaksanakan di Universitas Ahmad Dahlan. Rakorda diagendakan setiap satu kali selama satu periode kepengurusan BKKMTKI dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja BKKMTKI selama satu tahun. Tujuan lainnya juga sebagai momentum untuk meningkatkan kerja sama dan sinergitas Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.