Bidang Hubungan Masyarakat dan Opini Publik, atau yang akrab disebut Hopin, merupakan salah satu bidang di KMTK FT UGM yang mewadahi aspirasi mahasiswa sekaligus menjadi penghubung seluruh elemen di Departemen Teknik Kimia FT UGM yang meliputi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Di samping itu, bidang Hopin juga bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik KMTK dengan departemen, alumni, hingga organisasi kemahasiswaan lainnya, serta bertanggung jawab terhadap pengelolaan media sosial KMTK. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan bidang HOPIN juga bertujuan melatih skill komunikasi dan kreativitas para staffnya agar dapat memperluas relasi dan siap dalam dunia setelah lulus kuliah.

          Salah satu program kerja dari Bidang Hubungan Masyarakat yang mampu menjaga hubungan dengan alumni adalah Pendataan Alumni. Program kerja ini memanfaatkan media berupa Google Form. Alumni mengisi data dirinya pada form yang telah disediakan meliputi nama, tahun angkatan, informasi pekerjaan, hingga kontak yang bisa dihubungi. Respon dari para alumni yang terekam oleh Google Form selanjutnya dicetak dan dikumpulkan dalam 1 folder besar sebagai arsip.

          Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki empat periode wisuda yang jatuh pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November di setiap tahunnya. Momentum ini digunakan oleh Hopin untuk melakukan pendataan bagi para wisudawan yang telah resmi menjadi alumni atau bagian dari Keluarga Alumni Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (Katekagama). Salah satu perwakilan Hopin akan menghubungi ketua angkatan dari para wisudawan guna meminta bantuan untuk menyebarkan link formulir pendataan alumni ke wisudawan yang bersangkutan.

       

          Selain itu, Hopin juga menyertakan link pendataan alumni ini saat memberikan Surat Kabar Katalis terbaru ke alumni. Surat Kabar Katalis merupakan bentuk feedback atas partisipasi para alumni Teknik Kimia UGM, baik terhadap DTK maupun KMTK, yang memuat aktivitas para mahasiswa aktif dan alumni Teknik Kimia selama satu tahun terakhir. Tiap anggota Hopin akan menghubungi perwakilan alumni dari tiap-tiap angkatan, tepatnya angkatan tahun 1960 hingga 2016. Nantinya, tiap perwakilan angkatan akan meneruskan Surat Kabar Katalis dan link pendataan alumni ke grup angkatannya masing-masing.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.