Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK) FT UGM telah melakukan benchmarking atau studi banding ke Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia (IMTK) FT UI pada Sabtu, 28 November 2020. Kondisi pandemi yang masih berlangsunf mengharuskan kegiatan ini untuk dilakukan secara daring melalui Zoom meeting. Acara dimulai pada pukul 13.10 WIB dan diikuti oleh lebih dari 130 orang dari kedua  belah himpunan. Tujuan dari benchmarking ini adalah saling bertukar informasi dan pengalaman organisasi serta mempererat hubungan tali silaturahmi antara KMTK FT UGM dengan IMTK FT UI. Himpunan ini sebelumnya pernah berkunjung ke Departemen Teknik Kimia FT UGM untuk mengadakan studi banding pada bulan Oktober 2019. Berbeda dengan KMTK FT UGM yang hanya beranggotakan mahasiswa jurusan Teknik Kimia, IMTK FT UI memiliki anggota yang berasal dari jurusan lain, yaitu Teknologi Bioproses.

     Acara diawali dengan sambutan dari masing-masing ketua himpunan. Selanjutnya, masing-masing himpunan memaparkan presentasi mengenai organisasinya. Secara garis besar, pemaparan yang diberikan meliputi struktur organisasi, keanggotaan setiap bidang atau departemen, dan program kerja yang dilakukan. Sebelum melakukan diskusi lebih dalam oleh tiap bidang antarhimpunan melalui Focus Group Discussion (FGD), dilakukan dokumentasi kegiatan terlebih dahulu berupa foto bersama dan pemberian cinderamata dari kedua himpunan. Kegiatan benchmarking diakhiri setelah FGD dari tiap-tiap bidang/departemen selesai.

     Focus Group Discussion (FGD) dilakasanakan dengan penuh antusias oleh setiap bidang. Bidang Pendikpenwas melakukan diskusi dengan bidang Iptek, bidang Olsen melakukan diskusi dengan bidang Siwa, bidang Kalitbang melakukan diskusi dengan bidang Litbang, bidang Kesdim melakukan diskusi dengan bidang Sosma, bidang Hopin dan departemen Medin melakukan diskusi dengan bidang Humas dan Kastrat.

Dari Hasil diskusi yang dilakukan, terdapat beberapa keunikan dari IMTK FT UI. Bidang Kesekretariatan di IMTK FT UI lebih berfokus pada administrasi. Bendahara di IMTK FT UI tergabung dengan bidang keuangan dan dana yang diajukan oleh bidang keuangan akan diserahkan kepada dekanat dan lembaga. Bidang Iptek IMTK FT UI mempunyai event besar bernama PGD UI. Bidang Siwa menyelenggarakan Teknik Cup yang berlangsung selama 1 semester. Pelaksanaan yang cukup lama dikarenakan melibatkan banyak cabang olahraga dengan durasi yang relatif panjang. Bidang Litbang dalam memperkenalkan IMTK FT UI kepada mahasiswa baru mengadakan Serabi (serba-serbi) IMTK yang terdiri dari penjelasan IMTK, FGD, dan games. Pada IMTK, terdapat bidang Kastrat yang mengajak para mahasiswa Teknik Kimia UI untuk lebih peduli dan berpikir kritis akan isu beriklim POLEKSOSBUDHANKAM yang diperlihatkan melalui akun Instagram @chemarchive. Bidang Sosma IMTK memiliki program Cherry yang bertujuan untuk menyejahterakan beberapa desa yang terdampak permasalahan yang berkaitan dengan kompetisi keteknikkimiaan. Perihal konten yang diunggah ke media sosial, setiap bidang di IMTK FT UI memiliki tanggung jawab dalam mendesainnya masing-masing.

Secara umum, acara ini berjalan lancar tanpa kendala berarti. Kedua pihak saling memberikan informasi menarik yang dapat diadaptasi oleh satu sama lain. Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan Benchmarking Online ke IMTK FT UI:


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.