Observasi Teknik Kimia (OTK) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kimia FT UGM dan dilaksanakan oleh KMTK FT UGM. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi pengenalan Teknik Kimia FT UGM kepada peserta yang berasal dari kalangan siswa dan siswi SMA/SMK/MA yang ada di dalam maupun luar DIY. Dengan terselenggaranya Observasi Teknik Kimia  ini, diharapkan peserta dapat mengenal lebih jauh tentang perkuliahan dan kehidupan di Teknik Kimia UGM dan rasa penasaran peserta terhadap Teknik Kimia UGM terjawab.

Tahun ini, Observasi Teknik Kimia (OTK) 2019 diselenggarakan pada hari Jumat, 25 Oktober 2019 di Ruang U-301 Departemen Teknik Kimia UGM, yang dimulai pada pukul 11.00 – 17.30 WIB. Observasi Teknik Kimia 2018 bertemakan “Bringing Excellence to the Surface, Empowerung Your Future”.  Tema tersebut dapat diartikan bahwa peserta OTK diharapkan setelah mengikuti OTK semakin mengerti tentang Teknik Kimia dan menjelaskan bahwa Teknik Kimia memiliki prospek yang sangat luas di bidang apapun. Rangkaian acara OTK 2019 tersusun atas makan siang dan hiburan yang diisi oleh band dari mahasiswa Teknik Kimia UGM yaitu Heat Exchanger Band, acara dilanjutkan sambutan oleh ketua panitia Danu Fata Abiwardana (2018) dan sambutan Ketua KMTK FT UGM oleh Adi Winata (2017). Sambutan dari pengurus Departemen Teknik Kimia disampaikan oleh Bapak Ahmad Tawfiequrrahman, S.T., M.T., D.Eng selaku sekretaris departemen dan dilanjutkan dengan pengenalan kurikulum yang disampaikan oleh Muslikhin Hidayat, S.T.,M.T.,Ph.D dan prospek kerja mahasiswa Teknik Kimia serta program IUP yang disampaikan oleh Dr. Ir. Aswati Mindaryani, M.Sc.. Para peserta OTK 2019 yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok diarahkan untuk menuju taman segi delapan untuk mengikuti rangakian acara games yang disiapkan oleh panitia OTK 2019 dan Tour de Lab yang terdiri atas Laboratorium Minyak Bumi, Keramik dan Komposit, Teknik Pangan dan Bioproses, Analisis dan Instrumentasi. Games yang disuguhkan untuk para peserta yaitu games eat bulaga, tabel sistem periodik unsur, games diagram alir pabrik ammonia , dan games rangking satu. Acara diakhiri dengan sharing pengalaman dari mahasiwa dan mahasiswi Teknik Kimia UGM yang disampaikan oleh Yosafat Theofillo (2019) , Krisna Kurnia Adhi (2018), Gefri Budiyangsah (2017), dan Tiara Zafira (2016) yang dilanjutkan dengan tanya jawab.

 

Peserta Observasi Teknik Kimia 2019 tidak dipungut biaya untuk registrasinya dengan alur pendaftaran melalui surat undangan yang panitia edarkan ke 28 sekolah di DIY dan Jateng ataupun pendaftaran secara online lewat typeform pendaftaran yang sudah dipublikasikan melalui official account pada media social LINE dan Instagram. Setelah itu, peserta akan mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran yang berisi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan OTK 2019 dan Teknik Kimia. Selain siswa dan siswi SMA/SMK/MA, OTK 2019 juga mengundang perwakilan guru dari 28 sekolah yang mendapat undangan khusus. Total peserta yang hadir di acara OTK 2019 adalah sebanyak 142 siswa siswi dan lima guru pendamping. Hal ini membuktikan bahwa banyak para peserta OTK 2019 yang berasal dari berbagai  SMA/SMK/MA tertarik terhadap Teknik Kimia Fakultas Teknik UGM.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.