Bidang Hubungan Masyarakat, Opini Publik, dan Media Informasi, atau yang biasa disebut HOPIN, adalah salah satu bidang di KMTK yang mewadahi aspirasi mahasiswa sekaligus menjadi penghubung seluruh elemen di Departemen Teknik Kimia FT UGM yang meliputi dosen, karyawan, dan mahasiswa. Bidang HOPIN juga bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik KMTK dengan departemen, alumni, dan organisasi kemahasiswaan lainnya, serta bertanggung jawab terhadap pengelolaan media sosial KMTK. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan bidang HOPIN juga bertujuan melatih skill komunikasi dan kreativitas para staffnya agar dapat memperluas relasi dan siap dalam dunia setelah lulus kuliah.

Salah satu program kerja dari Departemen Opini Publik adalah kotak saran. Kotak saran merupakan wadah yang digunakan oleh Bidang Hubungan Masyarakat, Opini Publik, dan Media Informasi untuk menampung aspirasi dari seluruh mahasiswa Teknik Kimia. Aspirasi ini biasanya berupa beberapa keluhan, saran, serta masukan yang dialami mahasiswa selama di Teknik Kimia. Keluhan ini dapat berupa fasilitas-fasilitas  dan hal akademik yang disediakan oleh Departemen untuk menunjang kenyamanan mahasiswa dalam hal menuntut ilmu sehingga mahasiswa bisa optimal dalam belajar. Selain keluhan tentang fasilitas dan akademik yang disediakan oleh Departemen Teknik Kimia, kotak saran ini juga bertujuan untuk menampung aspirasi mahasiswa mengenai Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK) agar  Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK) kedepannya bisa lebih baik apabila mendapat berbagai saran maupun masukan dari berbagai pihak. Tidak hanya kedua hal tersebut namun kotak saran juga menampung seluruh aspirasi, saran, maupun kritikan mengenai semua hal yang berhubungan dengan Teknik Kimia.

Metode yang selanjutnya dilakukan oleh Staff Bidang Hubungan Masyarakat, Opini Publik, dan Media Informasi adalah membuka kotak saran yang telah berisi saran-saran yang telah ditulis yang selanjutnya saran-saran tersebut akan dikumpulkan dan dicatat serta diolah sedemikian rupa yang pada akhirnya saran saran tersebut akan diadvokasikan ke Departemen untuk di tindaklanjuti agar mahasiswa lebih nyaman dengan segala fasilitas yang disediakan di Teknik Kimia.

Categories: Opini Publik

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.