(Yogyakarta, 02/02/19) Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK) Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada telah menyelenggarakan kegiatan TERMODINAMIKA (Peningkatan Kinerja dan Motivasi di Kalangan Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia). Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 3 Februari 2019 di Wisma Kalioerang, Hargobinangun, Pakem Sleman. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keakraban antarstaf KMTK serta evaluasi setengah periode kepengurusan. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, softskill yang dimiliki oleh para Staf KMTK bertambah sehingga dapat memaksimalkan kinerja mereka dalam mengembangkan KMTK.

TEMODINAMIKA tahun ini mengangkat tema LAPLACE (leaping the limit through the ace colaboration). Seperti halnya tujuan dari kegiatan ini, diharapkan para staf KMTK semakin dekat dan semakin memiliki rasa kekeluargaan. Melalui kolaborasi dari masing-masing staf, diharapkan agar staf KMTK dapat melampaui batasan dan hambatan yang ada, serta lebih memiliki keberanian dalam mengembangkan diri. Tema yang diangkat ini terlihat jelas melalui games yang diselenggarakan dalam kegiatan ini, yang menuntut staf agar saling bekerja sama.

Kegiatan TERMODINAMIKA diawali di Departemen Teknik Kimia, lebih tepatnya di Ruang Kuliah Umum dengan kegiatan pembuka sambutan dari Ibu Dr. Ir. Aswati Mindaryani, M.Sc. selaku perwakilan departemen, dilanjutkan dengan sambutan dari Saudara Bima Suwardhani selaku ketua KMTK. Setelah kegiatan sambutan yang berlangsung kurang lebih 30 menit, para peserta kegiatan TERMODINAMIKA bersiap-siap untuk berangkat menuju Wisma Kalioerang. Keberangkatan peserta dibagi menjadi 5 kloter dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Setelah sampai di lokasi, kegiatan pertama yang dilakukan adalah AOSTK. Dalam kegiatan AOSTK, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Pelaksanaan AOSTK terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama berlangsung sebelum break Ashar. Sesi pertama berisi sharing pengalaman dan sesi kedua berisi games mengenai KMTK. Kegiatan selanjutnya adalah Rakorum. Pelaksanaan Rakorum juga terbagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama Rakorum, staf KMTK bercerita mengenai program kerja masing-masing bidang selama setengah periode awal. Sedangkan pada sesi kedua Rakorum, staf KMTK diberikan kesempatan untuk bertanya, memberikan saran, opini, atau tanggapan terhadap program kerja KMTK. Setelah Rakorum, para peserta makan malam bersama di aula Wisma, dilanjutkan dengan permainan lempar-lemparan balon, tebak-tebakan, serta menyusun puzzle yang bertujuan melatih teamwork, dan dilanjutkan dengan bernyanyi dan bermain musik bersama yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan.

Kegiatan hari kedua diawali dengan sarapan dan dilanjutkan dengan beberapa permainan. Permainan ini meliputi estafet tepung, tic tac toe, voli air, lempar tangkap balon air, dan sentil pusing. Pada permainan estafet tepung, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok membentuk satu baris, dengan masing-masing orang membawa gelas plastik yang diikatkan di atas kepala. Hanya anggota kelompok yang berada di paling depan yang gelasnya berisi tepung yang nantinya harus disalurkan hingga anggota kelompok yang paling belakang. Pada permainan sentil pusing, peserta harus menyentil sebuah bola pingpong yang berada diatas sebuah botol. Namun sebelum menyentil bola pingpong, peserta diputar terlebih dahulu sebanyak 10 kali dengan salah satu tangan menyentuh tanah. Selepas games kecil, diadakan games besar yang berlangsung kurang lebih 60 menit, dimana para staf KMTK bekerja sama untuk mencari seseorang yang memiliki clue untuk mencara benda yang hilang. Benda tersebut nantinya adalah Bendera KMTK.

Secara umum, penyelenggaraan kegiatan TERMODINAMIKA sudah cukup baik. Hal ini ditunjukkan oleh antusiasme para peserta dalam mengikuti setiap rangkaian acara dalam kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini juga membentuk bonding yang lebih kuat antara staf KMTK melalui games yang diadakan.

Galeri dokumentasi kegiatan Termodinamika 2019 dapat dilihat pada tampilan berikut ini:

Categories: Event

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.