Teknisiade 2020 mengambil tema Atlantis. Teknisiade 2020 ini berbeda dengan Teknisiade pada tahun-tahun sebelumnya, baik dari segi cabang-cabang yang diperlombakan maupun cara pelaksanaannya. Teknisiade 2020 ini diselenggarakan secara online karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak fisik yang dapat terjadi dalam acara Teknisiade ini. Cabang lomba pada Teknisiade 2020 antara lain Mobile Legend, PUBG, Gartic, film pendek supporter, tiktok, band, vocal group, desain grafis, fotografi, dan seni lukis. Perlombaan cabang Mobile Legend, PUBG, dan Gartic dilakukan dengan bertanding secara online, sedangkan cabang film pendek supporter, tiktok, band, vocal group, desain grafis, fotografi, dan seni lukis dilakukan dengan pengumpulan karya seni secara online.

Acara Teknisiade 2020 dimulai dengan Opening pada tanggal dari 26 September 2020 melalui live streaming Youtube. Pengumpulan karya seni dilakukan mulai tanggal 28 September 2020 sampai 2 Oktober 2020. Untuk cabang ML diselenggarakan mulai tanggal 28 September sampai 1 Oktober 2020. Cabang Gartic dilaksanakan dalam sehari pada tanggal 2 Oktober 2020. Sedangkan cabang PUBG dilaksakan dalam sehari pada tanggal 3 Oktober 2020. Selanjutnya, untuk penjurian karya seni dilakukan mulai 3 Oktober – 6 Oktober 2020. Sedangkan penguman pemenang cabang seni Teknisiade 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2020.

Pada pertandingan ML terdapat live streaming Youtube yang dapat disaksikan oleh umum, terutama oleh para pendukung atau suporter dari masing masing KM/HM yang ikut bertanding, sehingga meskipun online, pertandingan tetap bisa dimeriahkan. Pada pertandingan ML ini, delegasi dari KMTK berhasil meraih juara pertama dan mendapatkan medali emas pertama pada acara Teknisiade ini. Delegasi ML KMTK berhasil mengalahkan sembilan KMHM lain yang turut bertanding pada cabang ini.

Pada cabang Gartic terdapat pula live streaming melalui platform Gartic agar pendukung di setiap KM/HM bisa tetap menyaksikan pertandingan dan mendukung delegasi mereka yang bertanding. Pada pertandingan Gartic ini, delegasi dari KMTK hanya berhasil maju hingga babak penyisihan kedua dan gugur atau belum berhasil memperoleh kejuaraan.

Sedangkan pada cabang PUBG, pertandingan tidak disiarkan melalui live streaming, namun pertandingan di record lalu hasil record tersebut disebarkan agar bisa disaksikan masing-masing KM/HM. Pada cabang ini, delegasi dari KMTK belum berhasil untuk mendapatkan juara. Karena cabang seni sedang ada pada tahap penjurian dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober, maka untuk sementara perolehan KMTK pada event Teknisiade 2020 ini adalah satu emas yang didapatkan pada pertandingan cabang ML Teknisiade 2020.

Categories: Event

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.