(Yogyakarta, 01/03)  Telah diadakan kajian yang diadakan oleh kolaborasi antara Sentra Kerohanian Islam Al-Mustaqim (Teknik Kiamia) dengan Sentra Kerohanian Islam Al-Banna (Arsitektur dan PWK). Kajian mengusung judul Memilih Pemimpin yang Baik. Judul dipilih mengingat pentingnya memilih pemimpin yang baik dan isu pemilihan yang akhir-akhir ini cukup hangat dibicarakan. Kajian dilakukan di Musholla Teknologi Fakultas Teknik, UGM Lantai 1. Dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai jurusan.

Pembukaan dilakukan oleh pembawa acara, Khaerul, mahasiswa S1 Arsitektur dan dilanjut dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Ustad Hasyim Ikhwanuddin. Menurutnya, setidaknya dalam memilih pemimpin harus dilihat dari dua sifat yang dimiliki: profesional dan amanah. Profesional yang dimaksud, bergantung pada medan atau keadaan dimana pemimpin tersebut memimpin. Sedangkan pribadi yang amanah merupakan pribadi yang sungguh-sungguh takut kepada Allah, tidak memjual ayat dan agama Allah untuk kepentungan, dan tidak takut pada manusia ketika di bawah tuntunan Allah.

Pembicara menegaskan menyarankan jika sebaiknya memilih pemimpin yang memiliki kedua kriteria tersebut. Jika salah satu kriteria yang dimiliki yang lebih menonjol, pilih pemimpin sesuai kriteria yang diprioritaskan. Misal untuk memimpin perang, lebih dipilih pemimpin yang memiliki kemampuan, profesionalitas dibanding pemimpin yang amanah namun kurang profesional.

Setelah sesi penyampaian materi oleh ustad, dilanjut sesi tanya jawab. Pertanyaan yang -pertanyaan diajukan oleh peserta kajian, membuat diskusi semakin mendalam. Sesi tanya jawab ditutup dan dilanjut dengan penutupan oleh pembawa acara.

 

Categories: Al-Mustaqim

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.