Kunjungan ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cabang Jogyakarta merupakan progam kerja dari Departemen Pengabdian Masyarakat, Bidang Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat, Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia.

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI-J) sendiri merupakan yayasan yang didirikan oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) yang berpusat di Jakarta, dan merupakan yayasan sosial yang membantu anak-anak penderita kanker usia 1 hari hingga 18 tahun di Jogjakarta, dengan berkosentrasi memberikan bantuan dalam hal penyediaan Rumah Singgah (Rumah Kita) untuk orang tua dan anak penderita kanker selama menjalani masa perawatan kanker dan membantu kegiatan pendidikan sang anak melalui Sekolah-ku selama dalam masa perawatan kanker. Salah satu misi YKAKI Jogjakarta adalah melakukan upaya bersama dalam memerangi atau menghadapi kanker pada anak untuk bisa disembuhkan, karena kanker bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Anak memperoleh pengobatan dan perawatan yang sebaik–baiknya serta mendapat hak belajar dan bermain sesuai perkembangannya walaupun dalam keadaan sakit. YKAKI Jogjakarta berlokasi di Jalan Bangau No. 8, Plemburan Sariharjo, Ngaglik, Sleman DIY, dan mampu menampung hingga 15 (lima belas) anak penderita kanker dimana harus didampingi dengan orang tua/pendampingnya. RK YKAKI Jogjakarta telah beroperasional dari Desember 2013 hingga sekarang, dan aktif berkoordinasi dengan RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta.

Kunjungan ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia Yogyakarta oleh KMTK dilaksanakan pada 1 Maret 2019, dimulai dari pukul 14.00 hingga 17.30 WIB. Rangkaian acara meliputi games tebak gambar, games tebak kata, menggambar cita-cita, dan menuliskan kertas harapan yang kemudian diterbangkan menggunakan balon helium. Bagi adik-adik YKAKI yang mampu menjawab pertanyaan dari games tersebut, diberi hadiah berupa gantungan kunci. Selain itu, KMTK juga memberikan sedikit kenang-kenangan untuk adik-adik YKAKI berupa handuk, botol minum, dan masker.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.