Paket Lengkap: Edukasi, Melestarikan Lingkungan, dan Wisata!

(Yogyakarta, 16/02/19) Bakti Gayeng Bakau merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia UGM. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan mengenai perlindungan dan pelestarian ekosistem pantai kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa Teknik Kimia UGM. Selain itu, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan rasa peka terhadap lingkungan sekaligus meningkatkan partisipasi mahasiswa Teknik Kimia UGM dalam bidang pelestarian lingkungan.

Kegiatan Bakti Gayeng Bakau terdiri atas pre-event, kuliah umum, dan penanaman pohon bakau. Pre-event dari kegiatan ini terdiri dari campaign dan open donation yang dilaksanakan di Sunday Morning UGM pada hari Minggu tanggal 18 dan 25 November 2018. Campaign sekaligus open donation yang telah dilaksanakan menjadi salah satu media, baik bagi panitia maupun masyarakat secara umum dalam hal kontribusi terhadap keberlangsungan kehidupan dalam ekosistem pantai.

Kuliah umum Bakti Gayeng Bakau dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Februari 2019 yang bertempat di Ruang 2.1 Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM. Bertindak sebagai pembicara adalah Prof. Erny Poedjirahajoe, MP. yang merupakan Guru Besar di bidang Ekologi Hutan Mangrove Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan, Fakultas Kehutanan UGM. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

Dalam kuliah umum tersebut, Prof. Erny Poedjirahajoe, MP. menyampaikan peranan, manfaat, serta fungsi dari hutan mangrove dalam kehidupan, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Hutan mangrove yang merupakan ekosistem peralihan antara ekosistem darat dan laut memiliki fungsi ekologis yang sangat besar bagi lingkungan sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan. Selain itu, Prof. Erny Poedjirahajoe, MP. juga menyampaikan tata cara penanaman dan pelestarian hutan bakau yang baik dan tepat bagi lingkungan.

Sebagai puncak rangkaian acara Bakti Gayeng Bakau, dilaksanakan penanaman pohon bakau di Pantai Baros, Bantul. Kegiatan ini dilaksanakan tepat satu hari setelah pelaksanaan kuliah umum yaitu pada hari Sabtu, 16 Februari 2019. Penanaman pohon bakau merupakan kegiatan internal bagi mahasiswa Teknik Kimia UGM dan diikuti oleh 49 peserta dari berbagai angkatan. Terdapat empat ratus buah bibit yang telah ditanam di pesisir pantai pada acara ini. Untuk selanjutnya, akan dilaksanakan peninjauan rutin satu bulan sekali untuk memantau perkembangan dari pohon bakau yang telah ditanam.

Peserta berkumpul di Teknik Kimia pada pukul 12.00 kemudian berangkat bersama-sama pada pukul 12.30 dengan menggunakan bus maupun kendaraan pribadi. Sesampainya di Pantai Baros peserta mengikuti briefing mengenai penanaman bakau kemudian peserta bersama-sama melakukan penanaman bakau di pesisir Pantai Baros. Penanaman bakau dilakukan selama kurang lebih 2 jam. Setelah penanaman bakau, peserta menuju ke Pantai Samas untuk berwisata sekaligus refreshing setelah lelah menanam bakau. Petang hari kemudian, peserta kembali ke Jogja dengan selamat.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Bakti Gayeng Bakau ini diharapkan dapat menjadi sarana yang baik bagi mahasiswa untuk dapat membantu melestarikan lingkungan, melindungi ekosistem pantai, dan mensejahterakan masyarakat sekitar. Acara ini juga diharapkan bisa meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitar dan menjadi pengalaman yang bermanfaat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.