Pesta Rakyat

           Minggu, 21 April 2013 lalu bertepatan dengan Peringatan Hari Lahirnya R.A. Kartini, Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia FT UGM mengadakan sebuah event bertemakan Semangat Emansipasi, Hargai Tradisi. Acara dengan judul “Pesta Rakyat” ini diadakan di Desa Binaan KMTK FT UGM, Dukuh Ngangrangan Lor, Pedukuhan V, Bojong, Panjatan, Kulon Progo.

Dalam acara “Pesta Rakyat” terdapat bazar, hiburan, dan berbagai lomba-lomba menarik yang diikuti oleh seluruh kalangan. Terlihat antusiasme warga ketika menghadiri serta mengikuti seluruh kegiatan pada hari tersebut.

Acara dibuka pukul 09.00, terlihat para ibu warga Desa Bojong membawa piring berisi masakan dengan bahan dasar singkong. Masakan tersebut dilombakan untuk memperebutkan hadiah menarik. Cukup banyak yang mengikuti lomba ini. Aneka makanan tersaji rapi dan cantik di meja tepi panggung. Merah, kuniing, hijau dan aneka warna lain mewarnai masakan tersebut. Geblek, sawut, cenil, dan berbagai jenis masakan lain sangat menggoda dewan juri.

Sementara itu, beberapa orang terlihat sangat semangat untuk mengikuti lomba Sepak bola sarung. Sepak bola sarung diikuti oleh 4 tim terdiri dari warga Teknik Kimia dan warga dari desa Bojong. Setiap  tim terdiri dari campuran warga Teknik Kimia dan warga desa Bojong. Pertandingan berlangsung secara hangat dan sportif. Sesekali terdengar candaan dan gurauan dari para pemain dan suporter. Lucu sekali, tidak sedikit dari mereka yang sarungnya sobek akibat pertandingan tersebut. Setelah beberapa kali pertandingan, akhirnya tim 2 menang melawan tim 4 pada pertandingan final. Selamat!

Di lain tempat, lomba memancing juga tidak kalah serunya. Tidak hanya warga desa Bojong saja yang mengikuti lomba ini, namun Ferranda Yonny dan Jovi Bima, warga Teknik  Kimia sangat antusias mengikuti lomba ini. Lomba yang berlangsung selama 3 jam ini memperebutkan maskot ikan lele yang sangat besar. Namun hingga waktu pertandingan berakhir, tidak satu pun peserta yang mendapatkan maskot tersebut. Hal tersebut tidak membuat peserta kecewa.

Tidak hanya lomba-lomba, pada acara “Pesta Rakyat” ini terdapat bazar yang diadakan di sekitar aula makam Dukuh V. 6 stand berdiri di sekitar jalan dipenuhi oleh khalayak. Ada stand bidang 4 yang menjual pakaian pantas pakai, stand DKW yang menjual sweet corn, stand es buah oleh pemudi desa Bojong, dan 3 stand games yaitu games melempar bola, bola terjun, dan menjaring ikan. Sementara stand-stand ramai dikunjungi warga, panggung pun tak kalah ramainya. Acara yang dipandu oleh Gisna dan Santrio cukup mengundang perhatian, hingga akhirnya lomba mendandani anak menambah keceriaan acara tersebut. Sangat lucu, anak perempuan dan laki-laki didandani dengan mata tertutup.

Acara masih berlangsung setelah istirahat siang. Acara kali ini adalah penampilan band Tekkim dan lomba fashion show. Penampilan yang sangat menghibur dari band Tekkim yang menyanyikan 4 buah lagu. Setelah itu penampilan dari anak-anak yang sangat lucu yang berlenggak-lenggok di panggung serta menampilkan bakatnya di hadapan penonton. Lomba fashion show ini diikuti oleh 13 peserta TK dan SD di desa Bojong. Lomba ini memperebutkan piala dan akhirnya dimenangkan oleh Alifa Tafrinjizah. Selamat Alifa!

Acara yang berlangsung hingga pukul 3 sore ini ditutup oleh Pak Lurah yang hadir dalam acara tersebut. Sungguh acara yang hangat dan meriah. Semoga acara ini semakin mengakrabkan warga Teknik Kimia dan warga Desa Bojong.

Penulis : Radhitya Hasti

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.