PENGOLAHAN FLY ASH (LIMBAH ABU BATUBARA)

 

LKTI (Lomba Karya Tulis Indonesia) Pengolahan Limbah Abu Batubara / Fly Ash merupakan lomba yang diselenggarakan oleh PT Pupuk Kaltim melalui sekretariat BKKPII. Lomba ini ditujukan kepada mahasiswa teknik kima untuk memanfaatkan limbah sisa hasil pembakaran batubara yang berupa fly ash menjadi produk yang bernilai lebih tinggi.

Setiap institusi / universitas diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 tim yang masing-masing beranggotakan 3 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing. Jurusan Teknik Kimia FT UGM mengirimkan 3 tim yaitu tim C3RIA (Hanifrahmawan Sudibyo ‘10, Eddie Sandjaya ’10, Dalton Surya Prayoga ’09) , tim ARJUNA (Cholila Tamyiz ‘10, Muhammad Amin Rois ‘10, Azi Azhar Fauzi ’10), dan tim PROMALINK (Diana Rahmasari ’10, Lisa Frederica Riseno Jou ’10, Amar Firmansyah ’10). Tim C3RIA mengambil tema pemanfaatan cenosfer dalam fly ash, tim ARJUNA bertemakan pemanfaatan dan pengolahan fly ash menjadi zeolit (katalisator), sedangkan tim PROMALINK memanfaatkan fly ash di bidang pertanian yaitu menjadi pupuk organik. Pada awalnya kami cukup kecewa karena ternyata batas akhir pengumpulan karya tulis via e-mail diundur, sedangkan hasil karya tuils yang kami kumpulkan merupakan karya tulis yang dibuat dengan banyak kekurangan karena dikejar deadline. Namun, dengan dukungan yang sangat baik dari dosen-dosen yang berkecimpung di bidang tersebut akhirnya ketiga kontingen dari Jurusan Teknik Kimia lolos seleksi tahap awal (oleh pihak panitia) dan berhak mengikuti seleksi tahap berikutnya yang dilakukan oleh juri.

Tanggal 15 Februari 2013, kami dikirimi e-mail yang berisikan pengumuman bahwa salah satu dari ketiga kontingen masuk ke babak final! Alhamdulillah. Tim tersebut adalah tim ARJUNA yang beranggotakan Cholila Tamyiz, Muhammad Amin Rois, dan Azi Azhar Fauzi dengan dosen pembimbing pak Chandra. Tahap final diselenggarakan di ITS pada hari Jum’at tanggal 22 Februari 2013. Dengan berbagai persiapan untuk presentasi di babak final tim ARJUNA pun berangkat menuju ITS hari Kamis pagi tanggal 21 Februari 2013.

Setelah menempuh perjuangan di babak final, akhirnya tim ARJUNA berhasil meraih juara ke-3 dan pulang dengan mengharumkan nama Jurusan Teknik Kimia FT UGM. Semoga pengalaman ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa teknik kimia FT UGM lainnya khususnya bagi para angkatan muda untuk berprestasi di bidang apapun sekaligus memajukan potensi diri dan bangsa.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.