Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu, 14 November 2012, Kelompok Studi Teknologi Mahasiswa (KSTM) mengadakan sebuah acara yang bernama Chemical Engineering Science Competition (CESC). CESC adalah salah satu dari program kerja KSTM yang bertujuan untuk mengakrabkan semua pengurus KMTK eksekutif dan BSO melalui sebuah perlombaan. CESC merupakan acara rutin tahunan dari KSTM yang sudah ada sejak lama. Lima bidang dari KMTK eksekutif dan empat BSO di Teknik Kimia UGM masing-masing mewakilkan tiga orang untuk berjuang memperebutkan piala bergilir KSTM.

Sejak pukul 07.30 para mahasiswa Teknik Kimia UGM sudah memadati parkir tertutup Teknik Kimia UGM guna memberikan dukungan untuk bidangnya masing-masing. “CESC tahun ini lebih ramai dari tahun lalu” tutur Herdy, Ketua CESC tahun 2012. Pada CESC tahun ini, perlombaan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama adalah sesi pertanyaan, sesi kedua adalah sesi teka-teki silang, dan sesi ketiga adalah sesi praktek.

Sesi pertanyaan dibagi menjadi dua tahap, yaitu pertanyaan wajib dan pertanyaan rebutan. Pertanyaan wajib terdiri dari 10 soal dimana tiap soal bernilai 10 poin tanpa ada pengurangan poin. Sedangkan pada pertanyaan rebutan terdiri dari 10 soal dimana tiap soal poinnya selalu meningkat dan diberlakukan pengurangan poin yang besarnya setengah dari poin pada soal tersebut. Materi yang dilombakan antara lain tentang UGM, teknik, teknik kimia, dan juga tentang kota Yogyakarta.

Sesi kedua yaitu Teka-Teki Silang (TTS). Sesi ini merupakan terobosan baru dari panitia CESC tahun ini. TTS yang dilombakan di CESC ini sedikit berbeda dengan TTS pada umumnya. Pada TTS ini soal tidak dituliskan melainkan dibacakan oleh panitia. Tiap soal dibacakan selama 5 detik dan waktu mengerjakan setelah semua soal dibacakan selama 30 detik. Total keseluruhan ada 15 soal dimana masing-masing soal bernilai 10 poin tanpa adanya pengurangan poin. Materi yang dilombakan sama halnya dengan sesi yang pertama.

Sesi ketiga yaitu sesi praktek. Pada sesi ini panitia akan melakukan tiga simulasi dan tugas peserta adalah menebak apa yang akan terjadi setelahnya. Pertandingan berjalan cukup seru.

Pada penghujung acara, kelompok yang memenangkan CESC adalah kelompok yang berhasil meraih poin akhir tertinggi dari akumulasi poin yang didapatkan pada masing-masing sesi. ADan pada tahun 2012 ini, bidang 4 berhasil memenangkan CESC dengan total 245 poin sekaligus merebut piala bergilir KSTM dari tangan bidang 2 yang harus puas berada di peringkat 2 pada tahun ini dengan 240 poin. Sedangkan peringkat 3 jatuh kepada bidang 1 dengan 210 poin dan best supporter berhasil diraih oleh DKW.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.