Pendidikan riset merupakan rangkaian dari Riset yang dilakukan oleh anggota KSTM di tahun pertama dan kedua. Pendidikan riset bertujuan untuk mengenalkan sekaligus menanamkan prinsip dasar dalam penentuan topik riset, periode persiapan, pelaksanaan riset, serta pengolahan data hasil riset, untuk kemudian dapat diaplikasikan secara langsung dalam skala kecil.

Pada pelaksanaan rangkaian Pendidikan Riset 2021 dilaksanakan selama 3 hari. Pendidikan Riset Day-1 dan Pendidikan Riset Day-2 diisi dengan pembekalan materi oleh pembicara. Pendidikan Riset Day-1 diisi penyampaian materi dengan topik Introduction To Paper, Technical Spesification of Paper Competition and How Generate Ideas oleh Pembicara Leny Kristanti dari Teknik Kimia Angkatan 2017. Pada pendris ini diikuti anggota KSTM sebanyak 26 orang. Pendidikan Riset Day-2 diisi penyampaian materi dengan topik Construction of Paper oleh Pembicara Bagus Adjie dari Teknik Kimia Angkatan 2017. Pada pendris ini diikuti anggota KSTM sebanyak 23 orang.

Pada Pendidikan Riset Day-3, peserta melakukan presentasi karya tulis berupa poster secara berkelompok. Dalam presentasi ini dilakukan penjurian oleh salah satu Dosen Teknik Kimia yaitu Ibu Wiratni, S.T., M.T., Ph.D. Tujuan diadakannya penjurian ini yaitu, agar peserta mendapatkan feedback dan masukan atas apa yang telah diprensentasikan agar kedepannya dpat menghasilkan karya yng lebih baik lagi. Pada akhir acara, diumumkan kelompok dengan presentasi terbaik berdasarkan penilaian juri.

Secara keseluruhan acara berlangsung dengan lancar dan sesuai rencana, tanggapan dari peserta pun sangat baik. Namun masihada beberapa hal yang harus dievaluasi agar pelaksanaan Pendris kedepannya semakin baik. Untuk penentuan jadwal Pendris sebaiknya dikordinasikan dengan peserta yang diwajibkan ikut agar tidak bertabrakan waktunya dan pengganian jadwal terjadi tidak secara dadakan. Selain itu, jadwal juga harus disesuaikan menginat pada Pendris 2021 banyak waktu yang menabrak waktu ibadah sholat maghrib dan berbuka puasa di beberapa daerah peserta.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.