(Yogyakarta, 30 April 2021) Badan Semi Otonom (BSO) Entropi adalah Badan Semi Otonom Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yang bergerak di bidang jurnalistik atau sering disebut sebagai badan pers mahasiswa. Sebagai badan pers mahasiswa, sudah sepatutnya anggota Entropi memiliki tanda pengenal jurnalistik yang memberikan identitas bahwa anggota tersebut adalah seorang jurnalis, terutama ketika news hunting.

Kartu pers adalah tanda pengenal diri dari anggota BSO Entropi yang menandakan bahwa dirinya merupakan seorang jurnalis. Kartu pers berisikan tentang informasi penting dari anggota seperti identitas diri mencakup nama, nomor induk mahasiswa, asal universitas beserta badan pers yang menaungi jurnalis yaitu BSO Entropi KMTK UGM. Selain sebagai indentitas diri dari seorang jurnalis resmi yang bergerak di bawah suatu badan pers, kartu pers juga memiliki fungsi untuk membedakan diri dari seorang jurnalis dan non jurnalis pada saat meliput suatu berita sehingga dapat menjaga keamanan dan ketertiban dalam peliputan suatu berita. Selain itu kartu pers juga berfungsi untuk membedakan jurnalis antar badan pers satu dengan badan pers yang lain karena desain dan warna kartu pers yang memiliki ciri khas masing-masing.

Kartu pers dapat memberikan manfaat bagi anggota BSO Entropi sebagai jurnalis, diantaranya adalah anggota Entropi yang akan meliput suatu berita dapat mengikuti suatu kegiatan secara gratis karena memiliki kartu  pers dari badan pers resmi. Kartu pers juga memberikan manfaat kepada seorang jurnalis supaya mudah dikenali dan mudah dipercaya saat melakukan wawancara dengan narasumber  dalam suatu peliputan.

Program kerja Kartu Pers diadakan satu kali dalam satu periode untuk anggota baru Entropi saja dan kartu pers dapat digunakan seterusnya selama masih menjadi anggota BSO Entropi. Anggota baru BSO Entropi yang akan mendapatkan kartu pers memiliki syarat yaitu telah mengikuti kegiatan Upgrading Internal yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Maret dan 10-11 April 2021. Apabila anggota baru berhalangan hadir pada Upgrading Internal, maka anggota baru tersebut akan diberikan tugas tambahan tersendiri agar bisa mendapatkan kartu pers.

Categories: Entropi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.