Kajian Paper KSTM merupakan program kerja baru yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Teknologi Mahasiswa (KSTM). Paper yang dikaji berjudul A review on pyrolysis of plastic wastes yang membahas mengenai bahan bakar yang berasal dari plastik dengan metode pirolisis. Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang potensi penghasil bahan bakar melalui pemanfaatan plastik dengan pirolisis. Di samping itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kerangka isi dari sebuah paper. Kajian Paper ini diisi oleh Bapak Chandra Wahyu Purnomo, S.T., M.E., M.Eng., D.Eng yang berasal dari Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik UGM. Gambaran umum dari kajian paper adalah pemaparan materi oleh pembicara mengenai bahan bakar dari plastik dan presentasi paper yang kemudian dilanjutkan evaluasi. 

          Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 13 Februari 2021 pukul 13.00-15.00 WIB yang dilaksanakan via online menggunakan Zoom Meeting. Peserta yang hadir dalam acara ini berjumlah 30 peserta yang berasal dari anggota KSTM aktif angkatan 2019 serta mahasiswa Teknik Kimia UGM angkatan 2020. Peserta dibagi menjadi 8 kelompok dengan seorang moderator pada setiap kelompok. Kelompok dibagi berdasarkan sub bab yang ada di dalam paper. Adapun nama-nama kelompoknya adalah sebagai berikut : kelompok 1 dan 5 adalah kelompok reaktor, kelompok 2 dan 6 adalah kelompok katalis, kelompok 3 dan 7 adalah kelompok PET, HDPE, dan PVC, serta kelompok 4 dan 8 adalah kelompok LDPE, PP, dan PS. Setiap kelompok melakukan diskusi setelah pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Chandra Wahyu Purnomo, S.T., M.E., M.Eng., D.Eng. Kelompok diskusi tersebut akan move ke 8 room breakout yang sudah disiapkan oleh panitia. Di dalam room, peserta akan berdiskusi terkait sub bab yang sesuai dengan nama kelompok masing masing dan akan didampingi oleh 1 moderator. Saat di dalam room breakout peserta diharapkan untuk aktif bertanya dan bertukar pendapat satu dengan yang lainnya. 

          Setelah berdiskusi di dalam room breakout, seluruh peserta kembali ke room utama. Dengan panduan MC, setiap kelompok menyampaikan kesimpulan yang didapatkan setelah melakukan diskusi. Selain itu, setiap kelompok juga akan mendapatkan feedback dari Bapak Chandra Wahyu Purnomo, S.T., M.E., M.Eng., D.Eng. terkait hasil diskusi. Melalui hasil diskusi yang dipaparkan oleh para peserta, terlihat bahwa setiap peserta melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh dan memahami isi paper dengan baik. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.