Adik asuh merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Bidang Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat KMTK FT UGM. Program kerja ini bertujuan untuk membantu adik-adik yang membutuhkan serta meningkatkan kepedulian serta partisipasi mahasiswa Teknik Kimia UGM dalam membantu masyarakat yang memerlukan bantuan.

Pada program ini, mahasiswa Teknik Kimia menjadi donator aktif yang setiap bulannya memberikan sejumlah uang yang selanjutnya digunakan untuk memberikan beasiswa kepada adik-adik yang bersekolah di SD N Pogung Kidul. Terdapat 15 siswa yang mendapatkan beasiswa secara rutin setiap bulannya. Selain itu, dilakukan kunjungan rutin ke rumah sang adik untuk membantu belajar atau pun sekadar bersilaturahmi.

Adik asuh memiliki jangka waktu pelaksanaan selama 6 bulan dan untuk mengakhiri program kerja tersebut, maka dilaksanakan acara Penutupan Adik Asuh. Penutupan Adik Asuh atau PANDA dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Maret 2019 di Lapangan OTK Departemen Teknik Kimia, FT UGM. Acara penutupan adik asuh tidak hanya dihadiri oleh adik-adik penerima beasiswa namun juga oleh para donatur yang merupakan mahasiswa Teknik Kimia dari berbagai angkatan. Pada hari tersebut, adik-adik penerima beasiswa berkesempatan untuk bertemu dan bermain bersama dengan para donatur. Selain itu, terdapat beberapa souvenir yang dibagikan sebagai kenang-kenangan untuk adik-adik tersebut.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan AdikAsuh ini diharapkan dapat menjadi sarana yang baik bagi mahasiswa untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat sekitar, membantu keluarga yang membutuhkan baik dari segi finansial maupun akademik, dan menjadi pengalaman yang bermanfaat.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.