(Yogyakarta, 15/03) Kunjungan industri merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Kelompok  Studi dan Teknologi Mahasiswa (KSTM). Kunjungan industri merupakan acara kunjungan ke beberapa industri. Pada tahun ini, industri yang dikunjungi adalah industri yang terletak pada daerah Jawa Barat. Peserta dari kegiatan ini merupakan mahasiswa Teknik kimia angkatan 2017 serta beberapa anggota KSTM angkatan 2016, 2017, dan 2018.

Kegiatan kunjungan industri dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2019 hingga 15 Maret 2019. Peserta berkumpul di lapangan satu bumi Teknik pada tanggal 13 Maret 2019 pada pukul 16.00 WIB untuk selanjutnya berangkat bersama sama menggunakan bis. Pabrik pertama yang dikunjungi merupakan PT Pupuk Kujang yang berlokasi di Cikampek. Rombongan sampai di kawasan Kujang pada pukul 05.00 WIB dan selanjutnya menuju ke Wisma Kujang untuk bersiap siap. Acara utama dimulai pada pukul 07.00 WIB dan diawali oleh sambutan sambutan yang disampaikan pihak Kujang. Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan alumni Teknik Kimia UGM yang bekerja di pupuk kujang. Selanjutnya disampaikan materi mengenai proses di pabrik Pupuk Kujang yang disampaikan oleh alumni Teknik Kimia angkatan 2014, yaitu Yusrizal Azmi. Setelah materi dan tanya jawab, dilanjutkan dengan plant tour dengan menggunakan bis. Setelah plant tour, peserta makan siang bersama dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke pabrik selanjutnya.

Industri selanjutnya yaitu PT KAO Indonesia dan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. Untuk kunjungan kedua, peserta terbagi menjadi dua karena kapasitas kunjungan di pabrik tidak mencukupi. Secara keseluruhan, rangkaian acara di kedua pabrik sama. Diawali pemberian materi tentang pabrik tersebut kemudian dilanjutkan dengan plant tour. Meskipun berbeda pabrik, peserta sama sama mendapat materi yang menarik dan tambahan pengalaman yang berharga. Harapannya, setelah mengikuti kunjungan Industri, peserta mendapat gambaran tentang apa yang akan mereka hadapi ketika lulus dari Teknik Kimia ini. Setelah dari pabrik kedua, peserta melanjutkan perjalanan kembali ke Yogyakarta dan akhirnya sampai kembali di Fakultas Teknik pada 15 Maret 2019 pukul 07.30 WIB.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.