(Yogyakarta, 1 Juni 2021) Badan Semi Otonom (BSO) Entropi sukses menyelenggarakan kegiatan Kunjungan. Kunjungan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan BSO Entropi untuk melakukan sharing dan mempererat ikatan dengan organisasi lain yang sama-sama bergerak di bidang jurnalistik dan pers. Kunjungan kali ini dilakukan dengan melakukan sharing bersama badan semi otonom dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yaitu Clapeyron. Dikarenakan kegiatan kunjungan ini diadakan di masa pandemi, sehingga media yang digunakan untuk bertemu secara virtual adalah dengan platform zoom. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Juni 2021 mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh 26 orang anggota BSO Entropi. Acara pertama pada kegiatan ini adalah sambutan dari direktur utama BSO Entropi, dilanjutkan dengan sambutan ketua BSO Clapeyron. Setelah sambutan dari kedua ketua BSO, acara dilanjutkan dengan presentasi dari kedua BSO. Presentasi pertama dilakukan oleh BSO Entropi yang menjelaskan tentang deskripsi umum BSO Entropi, struktur kepengurusan, dan program kerja yang dimiliki oleh BSO Entropi. Penjelasan program kerja dijelaskan oleh masing-masing direktur divisi secara bergantian. Hal yang sama dilakukan juga oleh BSO Clapeyron saat melakukan presentasi, yaitu mengenalkan BSO Clapeyron itu secara umum, mengenalkan struktur kepengurusan, dan juga mengenalkan program kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Setelah presentasi selesai dilakukan oleh kedua BSO, acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini, pertanyaan banyak dilontarkan oleh anggota dari BSO Entropi kepada BSO Clapeyron tentang rincian dari program-program kerja yang mereka miliki. 

Kegiatan kunjungan kali ini tidak berakhir pada sesi tanya jawab, untuk lebih mempererat hubungan antara masing-masing anggota BSO Entropi dengan BSO Clapeyron, diadakan permainan berupa debat. Debat diikuti oleh seluruh anggota yang hadir pada saaat itu dengan pembagian satu tim meliputi anggota dari BSO Entropi dan juga BSO Clapeyron. Topik dari debat yang dipilihpun tentu dapat meramaikan suasana karena topik tersebut merupakan topik yang ringan, seperti perdebatan apakah go food atau grab food yang lebih baik, kemudian apakah es kepal milo atau dalgona coffee yang paling banyak diminati, dan sebagainya. Teknis dari debat ini yaitu masing-masing anggota tim harus mengutarakan argument yang mendukung topik tersebut dan meyakinkan orang-orang lain yang hadir mengapa harus memilih topik mereka. Pemenang dari debat tersebut ditentukan dengan pemungutan suara menggunakan fitur raise hand pada zoom. 

Permainan debat mengakhiri rangkaian acara dari kunjungan tersebut, sebelum acara benar-benar diakhiri kegiatan yang dilakukan adalah penyerahan sertifikat dari masing-masing BSO. BSO Entropi mengawali penyerahan sertifikat kepada BSO Clapeyron, diikuti dengan penyerahan sertifikat dari BSO Clapeyron ke BSO Entropi. Secara keseluruhan, acara kunjungan berjalan dengan lancar yang dapat diindikasikan dari banyaknya anggota yang hadir serta antusiasme dari peserta kunjungan yang banyak bertanya dan melakukan permainan dengan menyenangkan.

Categories: Entropi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.