Campaign merupakan acara yang dilaksanakan oleh Badan Semi Otonom (BSO) dari Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, yaitu Mahasiswa Pecinta Alam Teknik Kimia (MAPATEKA). Pada BSO MAPATEKA ini terdapat 4 divisi yaitu, Divisi Rumah Tangga (Internal), Divisi External, Divisi Lapangan, dan Divisi Sosial Lingkungan, Campaign merupakan salah satu program kerja dari Divisi Sosial Lingkungan. Pada awalnya program kerja campaign ini direncakan akan dilaksanakan secara offline untuk mendapatkan hasil dan partisipasi maksimal dari seluruh mahasiswa Teknik Kimia UGM. Namun karena kondisi covid saat ini yang masih belum memungkinkan untuk berkegiatan yang melibatkan orang banyak sehingga diputuskan untuk dilaksanakan secara daring dengan harapan dapat mengurangi kerumunan,

Campaign adalah suatu rangkaian acara yang akan berlangsung selama kurang lebih satu periode yaitu pada periode 2020/2021, rencananya akan dimulai pada bulan April dan berakhir di bulan Oktober. Program kerja campaign bertujuan untuk mengkampanyekan mengenai isu – isu lingkungan dengan mengajak seluruh mahasiswa aktif Teknik Kimia UGM agar berpartisipasi aktif saat acara berlangsung. Selama 1 periode akan ada sekitar 2 – 3 tema mengenai isu lingkungan untuk dikampanyekan melalui media sosial, media sosial yang akan digunakan yaitu instagram. Seluruh mahasiswa aktif Teknik Kimia UGM diperbolehkan untuk mengikuti acara campaign ini. Usaha yang dilakukan untuk menarik minat mahasiswa dalam mengikuti campaign yaitu dengan cara memberi reward (hadiah) untuk para pemenang yang sudah aktif dan kreatif dalam mengikuti campaign ini.

Teknis pelaksanaannya yaitu panitia (Divisi Sosial Lingkungan) akan memberikan tema satu per satu. Setiap tema akan dikampanyekan selama kurang lebih 2 minggu, dengan harapan banyak partisipan. Setiap peserta campaign akan diminta untuk mem-posting mengenai tindakan apa yang seharusnya dilakukan untuk mengurangi dampak dari isu lingkungan tersebut. Setiap selesai satu tema akan dipilih pemenang sebanyak 1 – 2 orang lalu akan diberi reward (hadiah). Hadiah yang diberikan berupa gopay/OVO untuk mempermudah pengiriman hadiah mengingat kondisi. Setelah selesai satu tema baru dilanjut ke tema berikutnya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.