Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK) Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Sekolah KMTK (SKMTK) 2020. Rangkaian kegiatan SKMTK dilaksanakan pada tanggal 7, 8, dan 21 November 2020 secara daring melalui platform Zoom Cloud Meetings. Kegiatan dilaksanakan secara online karena pandemi yang masih berlanjut sehingga seluruh kegiatan kemahasiswaan harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran wabah COVID-19. Kegiatan SKMTK 2020 merupakan wadah bagi mahasiswa baru angkatan 2020 Teknik Kimia FT UGM untuk lebih mengenal organisasi baik di dalam dan luar Teknik Kimia FT UGM dan memperkenalkan kepanitiaan kepada mahasiswa baru.

Kegiatan SKMTK pada hari pertama dibuka dengan sambutan oleh Ketua SKMTK, Muhammad Ilham Fajri, lalu dilanjutkan dengan sambutan Ketua KMTK, Muhammad Husaini Zaidan. Sambutan kemudian juga diberikan oleh Sekretaris Prodi S1, Dr. Ir. Aswati Mindaryani, M.Sc. sebelum kegiatan dimulai. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi Komisariat Tingkat (Komti) yang diisi oleh Komti Angkatan 2019. Sosialisasi Komti dilakukan untuk menjelaskan tugas-tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Komti. Sesi sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan sesi sosialisasi formatur yang diisi oleh formatur 2020/2021. Setelah sosialisasi formatur berakhir, mahasiswa baru kemudian dikenalkan dengan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan KMTK. Mahasiswa baru dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian dikenalkan dengan 5 bidang, 2 departemen, dan 1 badan khusus yang terdapat di KMTK. Kegiatan SKMTK hari pertama diakhiri dengan sesi FGD Pro-Kontra dengan tema KMTK dan berakhir pada pukul 12.35 WIB.

Kegiatan SKMTK pada hari kedua diawali dengan sesi sosisalisasi. Sesi sosialisasi pertama diisi dengan BSO Mapateka yang disampaikan oleh Muhammad Iqbal Shavikri, dkk. Sesi kedua diisi dengan sosisalisasi dari BSO KSTM yang disampaikan oleh Zakarias Niti Sukma Atmaja, dkk. Sesi ketiga diisi dengan sosialisasi dari BSO Al-Mustaqim yang disampaikan oleh Hilal Amirul Hanif, dkk. Sesi keempat diisi dengan sosialisasi dari BSO Entropi yang disampaikan oleh Angga Syahroni, dkk. Sesi kelima diisi dengan sosialisasi dari BSO GamaEARTH yang disampaikan oleh Ichsanul Fahri Khusaini, dkk. Setelah sosialisasi dari BSO GamaEARTH berakhir, mahasiswa baru akan dikenalkan dengan kepanitiaan POISE dan Big Pro 2019 melalui jelajah kepanitiaan. Mahasiswa baru dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian dikenalkan dengan 10 divisi dari kepanitiaan POISE dan 8 divisi dari kepanitiaan Big Pro 2019. Setalah sesi jelajah kepanitiaan berakhir, mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan cerdas cermas dan dilanjtkan dengan istirahat selama 10 menit. Kegiatan SKMTK di hari kedua diakhiri dengan sosialisasi dari BKKMTKI yang disampaikan oleh Yogi Tri Pratama Putra, dkk dan berakhir pada pukul 13.35 WIB.

Kegiatan SKMTK pada hari ketiga merupakan sesi games angkatan. Pada hari itu seluruh mahasiswa baru akan melaksanakan games kecil sebanyak 4 kali dan diakhiri dengan games besar. Mahasiswa baru dibagi menjadi 8 kelompok pada saat melaksanakan games kecil. Pada sesi pertama dari games kecil, mahasiswa baru akan mengikuti games yang bertemakan “Kenalin ini Temanku”. Pada sesi kedua dari games kecil, mahasiswa baru akan mengikuti games yaitu “GARTIC”. Selanjutnya, pada sesi ketiga dari games kecil, mahasiswa baru akan mengikuti games yaitu “Tebak Kalimat Melalui Gerakan Tubuh”.  Pada sesi terakhir dari games kecil, mahasiwa baru akan mengikuti games yaitu “Sambung dan Ulang Kata”. Kegiatan SKMTK di hari ketiga di akhiri dengan sesi Games Besar Angkatan dan berakhir pada pukul 11.20 WIB.

Categories: Kaderisasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.