Weekly Sharing merupakan salah satu kegiatan BSO GamaEARTH Departemen Teknik Kimia FT UGM. Weekly Sharing adalah suatu wadah dimana anggota GamaEARTH dapat berdiskusi dan berbagi informasi mengenai isu-isu pembangunan berkelanjutan (SDGs). Kegiatan Weekly Sharing memiliki tujuan antara lain, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan menyampaikan pendapat para anggota GamaEARTH dalam forum diskusi, serta meningkatkan pengetahuan umum tentang pembangunan berkelanjutan para anggota GamaEARTH.

Weekly Sharing bulan ini dilakukan pada hari Minggu, 27 September 2020 di Google Meet. Materi Weekly Sharing kali ini disampikan oleh Enrico Fernando, Devina Prima, dan Salsabila Putri Ariana. Tema Weekly Sharing yang disampaikan adalah poin ketiga belas pada Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu tentang Climate Action  dengan judul materi “Carbon Capture”.

Sebelum pemaparan materi, diberikan terlebih dahulu kuis pada Quizizz yang berhubungan dengan materi yang akan dibawakan untuk mengukur sudah sejauh mana anggota GamaEARTH tahu tentang apa yang akan didiskusikan pada Weekly Sharing kali ini. Setelah kuis, ketiga anggota GamaEARTH pun memberikan materi mengenai Carbon Capture. Carbon Capture merupakan perkembangan teknologi dari Scrubber yang diharapkan pada masa depan dapat menyerap Karbon Dioksida (CO2) yang telah terakumulasi di atmosfer yang juga menyebabkan efek rumah kaca. Untuk menyerap Karbon Dioksida (CO2) tersebut digunakan sebuah absorban, contoh absorban adalah Larutan Benfield yang sering digunakan pada Pabrik Amonia.

Setelah pemaparan materi Carbon Capture semua anggota dapat bertanya dan saling berdiskusi. Dalam sesi diskusi ini, setiap anggota GamaEARTH dapat bertanya atau pun menyampaikan pendapat dan pemikirannya terhadap materi yang dibahas. Semua anggota GamaEARTH saling berbagi informasi dan aspirasi dalam upaya mewujudkan tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs). Setelah berdiskusi, diadakan lagi kuis pada Quizizz dengan soal yang tidak jauh berbeda dengan kuis sebelumnya untuk mengukur apakah pengetahuan anggota GamaEARTH bertambah setelah berdiskusi pada Weekly Sharing kali ini.

Categories: GamaEARTH

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.