IMG_9343

Bertepat pada 1 dan 2 Maret 2017 lalu, Kelompok Studi Teknologi Mahasiswa (KSTM) kembali menyelenggarakan Kunjungan Industri bagi angkatan 2015. Salah satu program kerja yang dinanti oleh mahasiswa Departemen Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada ini bertujuan untuk mengenalkan lebih awal hal-hal terkait teknis dan non-teknis yang ada di dunia industri.

Kunjungan Industri kali ini diselenggarakan di dua pabrik, yakni PT. Pupuk Kujang Cikampek dan PT Unilever Indonesia Cikarang dengan didampingi oleh dua dosen dan staff Departemen Teknik Kimia, yakni Bapak Muslikhin Hidayat, S.T., M.T., Ph.D., serta Bapak Teguh Ariyanto, S.T., M.Eng., D.Eng. dan Bapak Wisnu Suprapto serta Bapak Tri Eko Yuliarno, SE. Ketua Kunjungan Industri, Dionisius Resvian menuturkan PT. Pupuk Kujang Cikampek dipilih karena kedekatan aplikasi ilmu teknik kimia dengan industri petrokimia ini. Sementara PT. Unilever Indonesia Cikarang dipilih karena industri Fast Moving Consumer Good juga dinilai menjanjikan dan menawarkan berbagai ilmu lain sebagai bekal bagi calon insinyur teknik kimia.

Mengusung tema “Enhancing Industrial Knowledge with a Different Experience”, para peserta Kunjungan Industri kali ini juga diharapkan dapat mengetahui proses produksi produk di pabrik kimia, manajemen keselamatan, dan tentu saja atmosfer dunia industri yang sesungguhnya lewat pengalaman yang berbeda, yakni workshop dengan ahli serta plant visit dalam setiap pabriknya.

Rombongan Kunjungan Industri meninggalkan Yogyakarta pada pukul 16.30 di hari Rabu, 1 Maret 2017 menuju pabrik pertama, PT. Pupuk Kujang Cikampek. Rombongan sampai sekitar pukul 07.30 dan disambut oleh Tim Manajemen PT. Pupuk Kujang Cikampek. Di sini, para peserta mendapatkan penjelasan lengkap mengenai proses produksi berbagai jenis pupuk di PT. Pupuk Kujang Cikampek, meliputi proses penyiapan bahan baku, proses utama, maupun proses pascaproduksi. Tak ketinggalan, para peserta pun dapat bertanya serta berdiskusi langsung sepanjang acara sertta melihat secara langsung berbagai produk yang ada di PT. Pupuk Kujang Cikampek ini. Pascapenjelasan, acara dilanjutkan dengan plant visit menggunakan bus guna melihat lebih dekat unit-unit yang ada di PT. Pupuk Kujang Cikampek ini.

Pukul 11.45, rombongan pun bertolak menuju PT. Unilever Indonesia Cikarang untuk melanjutkan Kunjungan Industri. Di sini, rombongan dibagi menjadi dua; satu rombongan menuju House and Personal Care Factory dan lainnya menuju Ice Cream Factory.

Di House and Personal Care Factory, para peserta berkesempatan mengetahui seluk-beluk pabrik beserta manajemen yang ada di Pabrik Unilever Indonesia Cikarang ini. Selain itu, para peserta juga melakukan plant visit yang meliputi proses produksi dan pengemasan berbagai produk Unilever. Hal yang sama menariknya juga terjadi di Ice Cream Factory, para peserta mendapatkan berbagai pengetahuan terkait produksi, pengemasan, dan penyimpanan es krim sebagai salah satu produk unggulan Unilever.

Sore pukul 18.00, Kunjungan Industri pun resmi berakhir. Shandy Halimah, salah satu peserta mengaku cukup puas dengan informasi yang didapat terkait bidang teknik kimia di industri-industri. Dirinya pun berharap Kunjungan Industri dapat kembali diadakan guna mengakselerasi ilmu terkait industri bagi mahasiswa Departemen Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada.

DSC_0550 IMG_9251


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.